Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Yang Baik dan Santun

Contoh surat pribadi - Jika pada artikel sebelumnya saya sampaikan cara membuat dan contoh surat lamaran kerja untuk umum dan surat lamaran kerja guru, pada kesempatan ini saya akan kemukakan bagaimana cara membuat surat pribadi sekaligus contoh surat pribadi yang dilayangkan untuk orang tua. namun sebelumnya sedikit saya ingin sampaikan tentang kaidah penulisan surat pribadi di bawah ini. 

Surat pribadi adalah surat yang dilayangkan oleh pribadi tertentu untuk pribadi tertentu pula dan kepentingannyapun untuk kepentingan pribadi. Dan surat pribadi bukan termasuk kategori surat formal atau resmi oleh karena itu surat pribadi tidak terikat oleh aturan baku baik dalam gaya penulisan maupun format surat, bahkan sah-sah saja jika surat pribadi ditulis dengan bahasa sehari-hari ataupun dengan bahasa daerah, misalnya surat pribadi bahasa sunda, surat pribadi bahasa bali, surat pribadi berbahasa jawa dan lain sebagainya.
Baca juga contoh surat lamaran kerja
Meskipun demikian surat pribadi seyogyanya ditulis dengan bahasa yang santun dan memperhatikan etika sebagaimana etika kita terhadap orang lain. 
Walau bukan aturan  baku, secara umum surat pribadi ditulis dengan strukktur penulisan sebagai berikut :
  1. Kepala surat :  Pada kepala surat meliputi tempat dan tanggal penulisan surat serta tujuan surat
  2. Pembukaan : Sebelum pada isi surat sebaiknya surat pribadi di isi dengan kalimat pembuka, berupa salam dan sedikit kalimat sapa atau yang lainnya.
  3. Penutup : Kalimat penutup bisa anda isi dengan ucapan terimakasih, permohonan maaf atau dengan kalimat ucapan perpisahan 
Untuk lebih jelas saya akan berikan contoh surat pribadi dan untuk kali ini saya kemukakan contoh surat untuk orang tua.

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Bogor, 12 januari 2017
Untuk
Ibunda tercinta
Di - Bali

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Salam bakti dan hormat
Bunda, apa kabar,…semoga bunda di Bali baik-baik saja dan selalu diberikan kesehatan, ananda di bogor sehat dan baik-baik saja. ananda tidak pernah lupa berdo’a untuk bunda, semoga bunda tetap mendapat perlindungan dan selalu dijaga oleh yang maha Kuasa.
Bunda, sebenarnya ananda sangat merindukan kehadiran bunda disamping ananda, ananda merindukan pangkuan bunda agar ananda dapat merasakan kasih sayang bunda dari dekat, walaupun  ananda yakin bunda pasti merindukan dan sayang sama ananda juga.
Bunda, di asrama pesantren ini bersama teman-teman sebenarnya ananda sudah mulai bettah tapi ananda belum bisa berpisah terlalu lama dengan bunda, ananda mohon agar ibunda bisa datang menjenguk ananda. Ananda mohon maaf kalau ananda merepotkan bunda.
Ananda tidak pernah lupa nasehat bunda untuk rajin belajar dan menjaga kesehatan. Bunda,  ananda merasa sangat menyesal sebab ananda belum sempat berbakti kepada bunda.  Bunda ananda mohon maaf kalau ananda dirumah sudah nakal dan tidak memperhatikan ucapan dan dan nasehat bunda.
Setelah ananda berada jauh dari sisi bunda, barulah ananda merasakan kalau kasih sayang bunda sangat besar bahkan tak terhingga kepada ananda, karena itu ananda sekali lagi memohon kepada bunda untuk bisa menjenguk ananda, kalau bisa waktu dekat ini.
Oh iya bunda setiap hari jum’at ayahanda dan bunda sudah boleh menghubungi ananda lewat telepon, tapi hanya 5 menit.
Bunda,,.. sampaikan salam bakti ananda juga sama ayahanda. Dan sampai disini dulu ya bunda. Ananda menunggu kehadiran bunda dan ayahanda di bogor.
Bakti ananda
Siti Musyarofah

Itulah contoh surat pribadi untuk orang tua yang bisa saya kemukakan, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk bisa membuat surat pribadi kepada orang tua.
Contoh surat lainnya di contoh surat lamaran kerja guru honorer

Terimakasih sudah membaca artikel contoh surat pribadi di www.daftarcontohbuatsurat.com dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Yang Baik dan Santun"